Arti dan Manfaat Team Building Games untuk Perusahaan Dan Karyawan

 



Sering kita mendengar kegiatan Team building yang selalu diagendakan oleh para Perusahaan baik dalam acara Meeting maupun Outing. Tidak hanya perusahaan besar, namun perusahaan kecil yang memiliki sedikit karyawan pun kerap menganggap kegiatan ini mempunyai makna yang cukup penting terhadap operational perusahaan.

Bukan tanpa alasan, karena Team Building dinilai memiliki banyak manfaat baik untuk perusahaan ataupun karyawan, diantaranya bisa lebih mengenal anggota tim satu sama lain, baik dari segi karakter, latar belakang maupun kepribadian.

Lalu apa sebenarnya definisi dari Team Building?  Team Building adalah kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing masing individu dalam suatu tim. Biasanya aktivitas yang dilakukan bersifat edukatif, menyenangkan dan penuh semangat.

Atau dalam makna lain, team building merupakan sebuah proses dimana membantu sebuah tim dalam membentuk kesinergian untuk mencapai goal dan mengembangkan kerjasama kelompok dalam suatu organisasi.

Umumnya Team Building dilakukan untuk memperbaiki kinerja tim yang dirasa kurang baik atau menurun. Beberapa kondisi tersebut diantaranya : 

* Tim yang membutuhkan peningkatan moralitas dan hasil kerja

* Pihak pimpinan yang kurang bersikap dan bertindak sebagai bagian dari sebuah tim

* Tidak adanya arahan dan semangat kerja dalam suatu tim , sehingga anggota tim merasa kehilangan arah tujuan kerja.

* Terdapat beberapa individu dalam tim yang tidak bisa bekerjasama

* Kepercayaan diri yang kurang dari sesama anggota tim sehingga sulit dicapai kesepakatan untuk mencapai goal atau tujuan tim.

Oleh karena itu, Team building dibutuhkan dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan, diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Memungkinkan Karyawan Saling Mengenal Lebih Jauh



Permainan dalam team building memberikan salah satu manfaat diantaranya memberi kita kesempatan melihat sisi lain anggota tim yang biasanya tidak kita sadari. Belajar mengenal karakter, hobi ataupun minat dari para anggota tim. Dengan saling mengenal, terbentuklah keterbukaan yang akan menjadi jembatan komunikasi dan berujung kerjasama tim menjadi lebih kuat

B. Meningkatkan Komunikasi Verbal

Seiring perkembangan jaman dengan tingkat teknologi yang semakin canggih, maka frekuensi lisan semakin menurun, maka terbentuklah fenomena "autis" (artinya adalah sibuk dengan gadget masing masing sehingga tidak ada lagi komunikasi lisan). Jika ini terjadi dalam perusahaan Anda, atasi dengan cara mengadakan kegiatan Team Building games.

Disini komunikasi lisan atau verbal akan terbentuk melalui games games menarik dan menyenangkan. Hal ini akan meningkatkan kerjasama antara sesama anggota tim 

C. Meningkatkan Semangat Kerjasama


Umumnya dalam games team buding terdapat kegiatan bersifat kompetitif. Misalnya lomba antara tim satu dengan tim yang lainnya. Tujuan dari adanya kompetisi ini adalah memunculkan motivasi untuk menang dan menjadi yang terbaik. Hal ini biasanya membawa aura positif yaitu membangkitkan rasa percaya diri dan bangga serta membakar semangat kerja sama di dalam masing masing tim.

D. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Sudah tidak asing lagi, bahwa dalam setiap organisasi atau perusahaan pasti ada pimpinan dan bawahan. Namun bukan berarti mereka yang menjadi bawahan tidak memiliki jiwa kepemimpinan. Pada dasarnya setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan, namun terbatas hanya dikembangkan sampai sejauh mana.

Dalam kegiatan team building,  Anda akan didorong untuk menumbuhkan rasa percaya diri sehingga potensi kepemimpinan Anda keluar. Melalui games team building pula  anggota tim. yang belum menjadi pimpinan akan diberikan simulasi games menjadi seorang pemimpin.

E Memulihkan Semangat Bekerja



Apakah Anda pernah merasa jenuh akan rutinitas pekerjaan setiap hari di kantor? Biasanya sindrom ini akan ditandai ketika bangun pagi dan terfikitkan ' I don't likr Monday"

Tetapi jangan khawatir, bukan hanya Anda seorang yang merasakan, sebagian besar karyawan pun sama. Lalu bagaimana cara menyikapinya?

Pihak perusahaan seharusnya lebih mengerti akan kebutuhan ini disaat kinerja SDM menurun, maka goal perusahaan atau target akan lamban terwujud. Maka Kegiatan Team Building akan memberikan kesempatan rehat sejenak dan merefresh menral serta fisik para karyawan. Mengapa? Karena biasanya aktivitas ini dilakukan diluar ruangan serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan.  Seperti rekreasi namun syarat dengan permainan yang menyenangkan.


Lalu Aktivitas Team Building seperti apakah yang sebaiknya dipilih oleh Perusahaan?

Para Hr harus cermat dalam memilih kegiatan yang sesuai dengan tujuan awal diadakannya Team Building ini.

Berikut kami berikan beberapa tips dalam memilih aktivitas Team Building :

1. Mempertimbangkan kepribadian anggota tim.


2. Melibatkan Seluruh anggota Tim. Mengapa? Karena tidak semua permainan bisa dilakukan mengingat usia, jenis kelamin dan kesehatan anggota tim. 

3. Mempertimbamgkan persaingan yang sehat


4. Memiliki unsur pembelajaran



5. Memberikan Manfaat atau keuntungan bagi seluruh amggota.


Akhir kata, dalam menentukan aktivitas Team building, jangan hanya mementingkan tujuan perusahaan semata, namun HR pun perlu mempertimbangkan aktivitas yang memang bisa mengembangkan kinerha karyawan sehingga akhirnya pun perusahaan juga diuntungkan.

Nah, mengapa tidak, dari sekarang mulailah berencana untuk mengadakan kegiatan Team Building untuk karyawan Anda. Anda bisa memilih Vendor atau EO yang sudah berpengalaman, diantaranya BUBBLEZONE EO yang lebih dari 13 tahun berkecimpung dalam.bidang ini.

S




Semoga info ini bermanfaat yaa


Sumber Referensi penulis :

www.finansialku.com

By Fransiska Ardea, S.T. (22 Agustusb2018)





Post a Comment

0 Comments